Unix, GNU, Linux, GPL

Disarikan dari sini, sini, sini

Unix adalah OS dengan berbagai varian. Awalnya Unix dikembangkan di Bell Labs-nya AT&T oleh Ken Thompson, Dennis Ritchie, dll. Dennis Ritchie juga mendesain bahasa pemrograman C sebagai bahasa pemrograman untuk Unix. Lisensi Unix sempat dijual ke berbagai pihak, menyebabkan adanya varian untuk kalangan akademisi (BSD) dan varian2 komersial.

Trademark Unix kini dipegang oleh The Open Group (suatu konsorsium industri) dan digunakan untuk mensertifikasi OS yang memenuhi standar “Single Unix Specification”. OS paling dikenal yang memiliki sertifikasi Unix ini adalah OS X dari Apple.

OS yang memiliki kemiripan dengan Unix disebut Unix-like (sebutan informal, tidak disetujui oleh The Open Group), misalnya Linux.

GNU adalah singkatan rekursif dari GNU is not Unix. GNU, yang direncanakan sebagai Unix-like OS yang secara keseluruhan free. GNU dibuat oleh Richard Stallman, pendiri FSF (Free Software Foundation). Pada saat pengembangan software, porsi upper level dan mid level (hampir) selesai. Kesulitan timbul pada implementasi porsi low level (device driver, daemon, dan kernel).

Device driver adalah program pada komputer yang mengatur device tertentu yang tersambung pada komputer. Driver adalah jembatan (penerjemah) antara hardware dan aplikasi/OS yang menggunakan driver tersebut. Driver bergantung pada hardware dan OS (hardware-dependent and OS-specific). Daemon adalah program komputer yang bekerja pada proses background (tidak dalam kendali langsung/berinteraksi dengan user).

Kernel adalah program pada komputer yang mengatur request input/output dari software dan menerjemahkannya menjadi instruksi pemrosesan data untuk CPU (central processing unit) dan komponen2 elektronik komputer lainnya. Kernel adalah bagian fundamental dari suatu OS.

Aplikasi <—> Kernel <—> CPU & Memory & Devices

Karena pengembang2 awal kernel Linux melakukan adaptasi software/porting dari GNU code (termasuk GNU C Compiler) untuk berjalan di Linux, Richard Stallman berpendapat bahwa Linux adalah varian dari GNU OS. Akibatnya, sempat terjadi kontroversi penamaan Linux menjadi GNU/Linux.

Linux adalah OS yang Unix-like, tunduk pada POSIX (Portable Operating System Interface, standard dari IEEE untuk mengatur kompatibilitas antar OS), dan dibuat di bawah model pengembangan dan distribusi “free and open source software”.

Distribusi Linux (distro) adalah OS yang dibangun di atas kernel Linux. Distro yang terkenal adalah Debian, Fedora, Mandriva/Mageia, openSUSE, dan ArchLinux. Distro2 ini juga memiliki turunan (derivative) yang terkenal, antar lain sebagai berikut.

Debian: Ubuntu, Linux Mint
Fedora: Red Hat Enterprise Linux (komersial), CentOS
openSUSE: SUSE Linux Enterprise Server (komersial)

==========
Disclaimer:
Bagian GPL masih memerlukan banyak konfirmasi. Terutama menjawab pertanyaan pribadi: mengapa ada distro komersial yang menggunakan lisensi GPL (CMIIW)?
==========

GPL (GNU GPL, GNU General Public License) adalah lisensi free software yang paling banyak digunakan. GPL menggaransi kebebasan end users (individu, organisasi, perusahaan) untuk menggunakan, mempelajari, menyebarkan, dan memodifikasi suatu software. Software yang memastikan/menjamin hak-hak ini tetap terjaga disebut free software.

GPL mensyaratkan kebebasan ini tetap terjaga ketika software tsb didistribusi, meskipun sudah dimodifikasi. GPL adalah copyleft license, yang berarti bahwa hasil turunannya hanya akan bisa didistribusikan di bawah lisensi yang sama. Lisensi ini berbeda dengan permissive free software license, yang misalnya dimiliki oleh BSD. Sistem copyleft ini dipercaya sebagai sisi penting dari sistem Linux-based karena programmer suatu kernel mendapatkan jaminan/keyakinan bahwa hasil karya mereka akan tetap free, tidak dieksploitasi oleh perusahaan2 software.

Future work :p
Distro populer, komersial dan non-komersial. Hubungannya sama GPL.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s